The River at Rain Forest

The River at Rain Forest

Senin, 30 November 2009

Morfologi dan Takonomi Tumbuhan

Morfologi tumbuhan adalah ilmu yang mempelajari bentuk bentuk dan struktur luar dari alat alat tubuh tumbuhan. Morfologi merupakan salah satu bukti taksonomi (pencirian, penamaan dan penggolongan) yang paling mudah da sering digunakan untuk membedakan tumbuhan yang satu dengan yang lainnya. Morfologi tumbuhan yang lebih tepat disebut Fitografi (mencandra/mendeskripsi tumbuhan atau mempertelakan tumbuhan)merupakan ciri taksonomi yang sering digunakan untuk menentukan penggolongan tumbuhan (alfa taksonomi) sedangkan ciri anatomi, sitologi, fisiologi, fisiologi, kimia, ekologi atau sekuen DNA, merupakan ciri yang sering digunakan dalam mempelajari biosistematika (beta taksonomi).

Bagian organ tumbuhan meliputi akar, batang dan daun (bagian vegetatif), bunga, buah dan biji (bagian generatif). Organ tumbuhan ini sering dijadikan dasar dalam menggolongkan hierarki taksonomi tumbuhan yang meliputi :
example :

Kingdom : Plantae
Divisio : Magnoliophyta
Class : Magnoliopsida (Dikotil), Liliopsida (Monokotil)
Ordo : Mangnoliales
Familia : Annonaceae
Genus : Fissistigma
Spesies : Fissistigma cordifolia Irawan.

Makin tinggi tingkat hierarki taksonomi, makin sedikit jumlah kesamaan ciri, sebaliknya makin rendah hierarki taksonomi, makin banyak jumlah kesamaan ciri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar